Pages

Selasa, 28 Oktober 2014

Summary dan Termination

SUMMARY DAN TERMINATION
Keterampilan
Definisi
Tujuan
Modalita
Contoh Aplikasi
Summary (ringkasan atau kesimpulan)
1.   Keterampilan konselor untuk menyimpulkan atau meringkas mengenai apa yang telah dikemukakan klien pada proses komunikasi konseling
2.   proses memadukan beberapa ide dan perasaan dalam satu pernyataan pada akhir suatu proses wawancara konseling.
1.      Membantu klien dan konselor dalam menggabung bagian-bagian yang telah dibicarakan
2.      Mengklarifikasi dan memfokuskan sejumlah ide yang bertebaran
3.      Mmembantu klien menyadari kemajuan yang telah dicapainya, membantu mengakhiri proses wawancara konseling.
4.      Memberi keyakinan kepada klien bahwa konselor meresapi pesan klien.
Summary bagian: untuk sementara ini…, sampai saat ini…, sejauh ini…, selama ini…
Summary akhir/keseluruhan: sebagai kesimpulan akhir…, sebagai puncak pembicaraan kita…, sebagai penutup pembicaraan kita…, dari awal hingga akhir pembicaraan kita…
Summary bagian:
Konselor: “Sampai saat ini dari pembicaraan yang telah kita lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kita telah membahas masalah mengenai hubungan anda dengan pacar anda . Jadi sekarang marilah kita cari cara-cara yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut”.
Summary akhir:
Konselor: “Dari awal hingga akhir pembicaraan kita, Anda berbicara mengenai masalah pacar anda yang tidak kunjung selesai malah menganggu belajar anda . Oleh sebab itu, mulai besok Anda dapat belajar dengan menggunakan beberapa cara efektif yang tadi telah kita bicarakan”.


Termination (pengakhiran)
Keterampilan konselor untuk mengakhiri komunikasi konseling, baik untuk dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya maupun mengakhiri karena komunikasi konseling benar-benar berakhir.
Memiliki peta kognitif perjalanan konseling, yaitu apa dan bagaimana tahap-tahap yang telah dilalui dan apa yang merupakan tahap konseling mendatang, mencapai pemahaman antara konselor dan konseli mengenai apa yang telah berhasil dicapai bersama dalam konseling, mengkomunikasikan keperluan penyesuaian konseli terhadap pengambilan tanggungjawabnya seusai proses konseling, memelihara persepsi yang pantas pada konseli tentang penerimaan dan pemahaman konselor.

1.    Baik, waktu telah menunjukkan…sesuai dengan kesepakatan…
2.     tidak terasa sudah…menit, sesuai dengan apa yang sudah kita sepakati…
3.    Non verbal: melihat jam, melihat kondisi klien, menata buku, dan lain-lain.
Konselor: “Tdak terasa sudah 45menit, sesuai dengan apa yang sudah kita sepakat tadi bahwa pertemuan ini hanya 45 menit, maka marilah kita akhiri pertemuan ini dan dapat dilanjutkan minggu depan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar